Minggu, 06 Maret 2016

TIDAK ADA YANG LEBIH BERHARGA DARI ILMU KECUALI AMALKAN




Akhir – akhir ini saya suka sekali membahas tentang ilmu. Di dunia ini semua orang memiliki kewajiban menuntut ilmu sampai kapanpun bahkan sampai tua , smpai akhir hayat kita. So , saya tekankan lagi bahwa mencari ilmu di sini tidak ada batas usia. Jadi kalau ada yang bilang mencari ilmu khusus remaja saja saya katakan “salah” 

Ilmu sebagai pedoman manusia di dunia ini untuk menajankan kehidupan , tanpa ilmu seorang akan hidup sia – sia. Itulah mengapa kita di tuntut untuk terus mencari ilmu , dengan ilmu hidup akan semakin baik , dengan ilmu hidup akan terarah , dengan ilmu kita tahu kemana kita melangkah. Tapi dengan ilmu juga kita akan di masukkan ke syurga atau neraka.
Perlunya seseorang berhati – hati dalam mencari ilmu. Mengapa ? Karena Ilmu yang baik akan menjadi berpahala dan berdosa tergantung niat kita dan sebaliknya. Semisal , Ilmu tentang Hipnotis adalah “Baik” apabila di pakai untuk hipnoterapy orang lain , diri sendiri yang sakit trauma dan lainnya. Tapi akan menjadi “Buruk” apabila di pakai untuk menghipnotis orang lain misalnya untuk mendapatkan uangnya.
Nah di sinilah , kenapa seseorang harus terus berfikir positif tentang Ilmu. Ingat , Ilmu yang baik akan menjadi buruk apabila di pakai untuk keburukan dan sebaliknya. Begitu sombongnya manusia , ketika ilmu yang di dapat di terapkan dalam hal keburukan dan begitu sombongnya manusia ketika ia di titipkan ilmu tetapi di gunakan untuk hal – hal buruk bahkan ia meyakini bahwa obatnyalah yang menyembuhkan pasien , karena terapinya lah bisa menyembuhkan pasien.
Ingat bahwa Allah adalah sebaik – baik menyembuh. Siapa lagi kalau bukan Allah , obat yang kita buat , terapi yang kita lakukan itu hanya cara untuk membantu mengobati penyakit tetapi kesembuhan hanyalah Allah yang berikan.Terapis , Psikolog , Dokter bukan yang memberikan kesembuhan tetapi melalui merekalah kita berusaha agar Allah menyembuhkan sakit kita.
Jadi tidak ada yang lebih berharga daripada ilmu andaikan kita hanya mencari  dan mencari di banding mengamalkan satu ilmu saja yang bisa kita pelajari tetapi di lakukan itu jauh lebih baik di banding banyak ilmu tetapi tidak di lakukan bahkan lebih baik lagi banyak ilmu dan banyak di amalkan tentunya ilmu yang baik. Misalnya Ilmu tentang etika dalam berbicara “Bicara baik atau diam”
So , selamat mencari ilmu lalu belajar terus untuk mengamalkan. Insya Allah , Allah mudahkan jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar